Deli Serdang : Tahun ini Masjid Al-Khairat menerima hewan kurban ada II ekor lembu dan VII ekor kambing. Ada yang pribadi dan ada yang berkelompok(bersama-sama),pemotongan hewan tersebut di depan halaman mesjid Al-Khairat Dusun IV Desa Wonosari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara,kamis (29/06/2023).

“Perayaan Hari Raya Idul Adha atau lebaran haji erat kaitannya dengan pemotongan hewan kurban yang dilakukan masyarakat muslim di seluruh dunia.

umumnya setelah salat idul adha dilakukan dengan pemotongan hewan qurban,
Panitia pelaksana hewan qurban dan petugas khusus juga melakukan pemotongan hewan kurban, menguliti, mencacah daging kurban hingga mengemasnya sebelum dibagikan ke masyarakat.

“Harianto sekalu kepala dusun mengatakan penyembelihan hewan qurban ini senantiasa dilaksanakan oleh masyarakat khususnya Dusun IV Desa Wonosari setiap tahunnya.

Hewan qurban yang diqurbankan adalah hasil dari tabungan yang dikumpulkan oleh masyarakat khususnya Dusun IV Desa Wonosari, mereka memang mempunyai kelompok yang setiap tahunnya mengeluarkan hewan qurban untuk diqurban.

Sedangkan hewan kambing itu biasa dari perseorangan yang memang ingin berqurban akan tetapi untuk pelaksanaannya di serahkan kepada panitia qurban yang ada di masjid tersebut.” Ungkapnya.

“Panitia Qurban Muhammad Ambri mengatakan bawah sanya untuk dagingnya kami membagikannya merata, khususnya Dusun IV Desa Wonosari.

Dengan demikian kita dapat mengambil hikmahnya bahwa dengan berqurban kita dapat berbagi dan dengan berbagai kita dapat mempererat tali silaturahmi.

Karena dengan berqurban kita juga sudah melaksanakan suatu ibadah yang mana itu juga merupakan dari wujud tanda syukur kita sebagai makhluk terhadap Khaliknya.

Harapannya di taun berikut yang ada rezeki akan berqurban dan semua yang berkurban tahun ini dapat diterima amal ibadahnya oleh Allah SWT,” pungkas Ketua Panitia Pelaksana Idul Adha 1444 H.

Liputan: Asril

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *